06/07/14

My Story

TONSILEKTOMI

kalian pasti pernah mendengar atau membaca tulisan "tonsilektomi" kan? yah benar,ini adalah operasi amandel atau tonsil
...
sharring sedikit boleh ya~
Ini pengalamanku sendiri lho! 
Namaku Murdikasari Alfaini,umurku 14thn
Tanggal 26 Juni 2014 hari jum'at,aku pergi ke dokter THT di RS Santo Borromeus.. dengan tujuan ingin berobat,memang sudah sejak kelas 5 SD aku disuruh operasi oleh dokter,hanya saja aku belum siap.. nah mumpung lagi libur panjang nih,sekalian aja berobat + operasi aja batinku,itupun kalau disuruh.. setelah menemui dr.Shinta,memang seharusnya diangkat.. ok dari sana batinku berkata"let's do it,," hari itu juga aku cek darah dan radiologi serta tes audiometri..Pasti kalian bingung kenapa harus test audiometri..!? itu karena telinga kiriku tidak berfungsi dengan baik,dan ini sudah lama sekali.Kalian tau tidak,karena baru pertama kali aku di tes radiologi jadi agak sedikit kaget.Ternyata tes radiologi itu tidak boleh pake bra ya '-' alias harus dibuka baju..kalo tes darah cuman diambil darahnya sedikit pake jarusm suntik,gk sakit kok cuman..........kaya digigit semut. 
well,setelah hasil darah dan radiologi keluar,hmm.. kukira sudah selesai,ternyata belum.Di dalam hasil Ronsen nya,aku mengidap penyakit bronkitis.Aku kaget lah mendengar hal itu,but i really don't know about that.. Terus,aku disuruh ke dokter saraf.. well hasilnya dia membolehkan aku menjalani operasi..dan disuruh tes audiometri dan hasilnya sama saja,saraf telinga kiriku sudah mati.I just can say "Ikhlaskan saja dik".. 
Esoknya,aku langsung menuju ruang operasi jam 8.. Operasi itu dimulai jam 9 pagi.. 
Disana aku mengganti bajuku dengan baju rumah sakit,dan pakaian atas harus dibuka semua.. yang tersisa hanya cd ku saja,.
Anestesi yang menyuruhku,lalu dia memasangkan infusan.. 
(foto diambil setelah operasi)
Ruang operasinya sangat dingin,itu dikarenakan metabolisme dokter akan meningkat ketika mengoperasi  sehingga gampang gerah.. Makanya dipasang AC yang memang cukup dingin sih..Aku dikasih selimut tebal,tapi tetep aja dingin.
Dadaku dipasang apalah itu namanya,yang berguna untuk melihat detak jantung.. lalu dipasangkan selang infusan. Dokter menyuruhku berdo'a terlebih dahulu,begitupun dokternya. Karena beda agama jadi berdo'a menurut kepercayaan masing masing^^
Setelah semuanya siap,anestesi dan dokter bilang "Siap siap ya dika! operasinya akan dimulai"
Anestesi menyuntikan obat bius,dan alhasil pengelihatanku semakin buram dan i can't see anything.. zzz,aku tertidur dan terbangun karena mamaku yang membangunkan.. Kata mamaku,aku sedikit ngigo.Itu emg kebiasaanku kalo tidur hehe.. Makanya suster memperbolehkan mama masuk ke ruang pemulihan alam bawah tanah(?) bawah sadar hehe..  Katanya sih tenagaku cukup gede,hmm tapi kan aku cewe ya.. Setelah itu aku dipidahin keruangan yang pertama aku masukki.. karena gk betah di rumah sakit,yah aku bilang aja ke mama"pulang" tapi mama melarang aku karena belum ada suster yang datang menghampiriku.. katanya kalo udh dikasih susu dari suster baru boleh pulang.Oke kalo gitu aku menurut saja.Seteleh operasi aku dilarang makan minum,harus nunggu 2 jam dulu '-' dan menunggu dua jam itu buat aku stress,so karena aku suka selfie jadi aku selfie dulu deh pake tab yang aku bawa.Sodara sodara aku datang menjenguk kerumah sakit.Yah aku gk bisa ngomong apa apa karena masih sakit.
Jam 12 siang pun tiba,aku udah selesai minum susu dan makan es krim yang bapa aku beli. Dan akhirnya aku pulang,but wait a minute aku gak langsung pulang gitu aja. Aku kan pengen jalan jalan dulu ke sekitar dago,meskipun masih pusing tapi gimana lagi.. aku pengen sepatu NIKE,so aku dateng ke sana.Tapi gk jadi beli karena harganya mahal hehe.. 

Oh iya,, Thanks to Dr.Shinta Nurmasari,M.Kes,SpTHT-KL ^^ and thanks to RS Santo Borromeus
Makanan dan minuman yang aku makan :

Hari ke-1 (sabtu)
  • Air Putih
  • Susu
  • Es Krim
Hari ke-2(minggu)
  • Air Putih
  • Susu
  • Es Krim
Hari ke-3(senin)
  • Bubur bayi
Hari ke-4(selasa)
  • Sop
Hari ke-5(rabu)
  • Bubur
  • Ayam suir
  • Jus Alpuket
Hari ke-6(kamis)
  • Bubur
Hari ke-7(jum'at)
  • Tahu
  • Telor rebus
  • Sayur kacang
Hari ke-8(sabtu)
  • Bubur
  • Martabak manis *ini gk boleh ya,aku yang melanggar hehe*
  • Bala Bala *ini gk boleh ya,aku yang melanggat hehe*
Hari ke-9(minggu)
  • Telor rebus
  • kue *tapi yang empuk ya*
Hari ke-10(senin)
  • Roti
Hari ke-11(selasa)
  • nasi*yey akhirnya bisa makan nasi*
Seharusnya sih~ 
hari ke 1-2 makan yang cair cair kek susu,air putih
hari ke 3-4 makan bubur saring
hari ke 5-6 makan bubur biasa
hari ke 6-7 makan nasi
secara bertahap ya~

tapi karna aku masih takut makan nasi,jadinya deh banyak yang aku langgar.. apa lagi sekarang bulan puasa,banyak godaan gorengan.. jangan di conto ya ^^
Kalau mau makan nasi tergantung tenggorokan kitanya juga sih siap apa gak nya.

Satu lagi,AIR PUTIH dan ES KRIM  merupakan makanan utama.. 

so,kalau kalian emang harus dioperasi laksanakan saja ya.. 
Cari yang terbaik untuk kesehatan diri kita masing masing,kalau gk mau dioperasi let's protect our body ok.. jangan terlalu sering makan sambel atau yang pedes pedes.. 

~Ada yang mau ditanyakan?Berbagi pengalaman? yuk sharring dengan comment dibawah!!!~



Tidak ada komentar:

Posting Komentar